Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Biografi Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Biografi dan Kisah Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim
Biografi dan Kisah Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim
Biografi dan Kisah Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim

Daftar isi artikel:

Biografi Sunan Gresik

NamaMaulana Malik Ibrahim
LahirParuh awal abad ke 14
Nama AyahJamaluddin Akbar al-Husaini
Nama Ibu
Wafat1419 Masehi

Latar Belakang Sunan Gresik

Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim adalah seorang Walisongo yang dianggap pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawa meskipun bukan orang Jawa asli. Sunan Gresik diketahui berasal dari Khasan, Iran.

Kisah Perjuangan Sunan Gresik

Tujuan Sunan Gresik ke tanah Jawa adalah untuk menyiarkan agama Islam yang belum terlalu banyak dipeluk masyarakat Jawa. Tempat pertama kali yang dituju adalah desa Sembalo. Namun, sekarang Sembalo berubah nama menjadi daerah Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Setelah sampai di Manyar, Sunan Gresik segera membangun sebuah masjid.

Cara yang dilakukan pertama kali oleh Sunan Gresik adalah mendekati masyarakat melalui pergaulan. Tata bahasa yang ramah senantiasa diperlihatkannya dalam pergaula. Sunan Gresik tidak langsung menentang agama dan kepercayaan penduduk asli, melainkan hanya memperlihatkan keindahan dan kabaikan yang ada dalam agama Islam. Berkat keramahannya, banyak masyarakat yang tertarik masuk ke agama Islam.

Selain berdakwah, Sunan Gresik juga berdagang. Shingga membuatnya dapat berinteraksi dengan masyarakat banyak dan mudah. Selain itu, raja dan para bangsawan juga ikut serta dalam kegiatan jual beli.Setelah mapan di dalam masyarakat, Sunan Gresik kemudian berkunjungan ke ibukota Majapahit di Trowulan. Meskipun Raja Majapahit tidak masuk Islam, dia tetap menerima Sunan Gresik dengan baik. Bahkan memberikannya sebidang tanah di tepian kota Gresik. Wilayah itulah yang sekarang dikenal dengan desa Gapura.

Dalam mencari kader-kader penyiar agama Islam, Sunan Gresik membuka pesantren yang menjadi tempat mendidik pemuka agama Islam di masa selanjutnya. Hingga saat ini makam Sunan Gresik masih diziarahi orang-orang yang menghargai usahanya menyebarkan agama Islam berabad-abad yang silam. Setiap malam Jumat Legi, masyarakat setempat sealu berkunjung untuk berziarah.

Ritual Haul (Ziarah tahunan) juga diadakan setiap tanggal 12 Rabi’ul Awwal. Yang disesuaikan tanggal wafat pada prasasti makam Sunan Gresik. Pada acara haul biasa dilakukan khataman Al-Quran, pembacaan riwayat Nabi Muhammad, dan menghidangkan makanan khas Gresik yaitu bubur harisah.

Makam Sunan Gresik

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Biografi Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim), jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.