Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Biografi Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah)

Biografi Sunan Gunung Jati atau Syekh Syarif Hidayatullah atau Syekh Maulana Jati

Biografi Sunan Gunung Jati

Nama: Syekh Syarif Hidayatullah (Syekh Maulana Jati)
Lahir: Tahun 1448 Masehi
Nama Ayah: Syarief Abdullah
Nama Ibu: Nyai Rara Santang (Putri Prabu Siliwangi)
Wafat: Tahun 1568 Masehi

Latar Belakang Sunan Gunung Jati

Syekh Syarief Hidayatullah dengan didukung murid-muridnya, disukung Tumenggung Cerbon Sri Manggana Cakrabuana alias Pangeran Walangsungsang dan didukung Kerajaan Demak, dinobatkan menjadi Raja Cerbon dengan gelar Maulana Jati pada tahun 1479.

Sejak saat itu pembangunan insfrastruktur Kerajaan Cirebon dalam masa pembangunan dan dibantu Sunan Kalijaga, dan arsiteknya adalah Demak Raden Sepat, yaitu Pembangunan Keraton Pakungwati, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, jalan pinggir laut antara Keraajaan Pakungwati dan Amparan Jati serta Pelabuhan Muara Jati.

Kisah Perjuangan Sunan Gunung Jati

Syekh Maulana Jati menyebarkan Islam hingga Banten dan menjadikannya Daerah Kerajaan Cirebon pada Tahun 1526 Masehi. Dan pada Tahun 1526 Masehi juga tentara Kerajaan Cirebon dibantu oleh Kerajaan Demak dipimpin oleh Panglima Perang bernama Fatahillah merebut Sunda Kelapa dan Portugis, dan diberi nama baru yaitu Jayakarta.

Pada tahun 1533 Masehi, Banten menjadi Kasultanan Banten dengan Sultannya adalah Putra dari Syekh Maulana Jati yaitu Sultan Hasanuddin.Syekh Maulana Jati adalah seorang Wali Songo yang mempekenalkan visi baru bagi masyarakat tentang apa arti menjadi Pemimpin, apa makna Masyarakat, Tujuan Masyarakat, dan bagaimana seharusnya berkiprah di dalam dunia ini lewat Proses Pemberdayaan.

Syekh Maulan Jati melakukan dakwah menyebarkan Agama Islam ke lapisan Masyarakat dengan dukungan personel dan dukungan aspek organisasi kelompok Forum Wali Songo. Forum Wali Songo secara efektif dijadikan sebagai organisasi dan alat kepentingan dakwah, merupakan siasat yang tepat untuk mempercepat penyebaran Agama Islam.

Cara Berdakwah

Mengajarkan dunia kemasyarakatan

Peninggalan Sunan Gunung Jati

Masjid Gunung Jati

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Biografi Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah), jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.